Rencana Bupati Dony 2020, Disambut Baik Oleh Pengguna Facebook

Sumedang, TiNewss.com – Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, mencanangkan kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan di Pemkab Sumedang disarankan untuk dilakukan di Pondok Pesantren dan Destinasi Wisata yang berada di Kabupaten Sumedang. “Untuk peningkatan kapasitas aparatur tidak ada lagi kegiatan ke luar seperti Yogyakarta ataupun Pangandaran, semuanya dilaksanakan di Sumedang,” terang Bupati Dony yang diupload di laman Facebook Dony Ahmad Munir, Senin (13/1/2020).

Sampai berita ini diturunkan, ratusan komentar yang mendukung dan memberikan apresiasi serta lebih dari 1000 netizen memberikan tanda suka (like).

Namun demikian, netizen juga mempertanyakan kepada Bupati, apakah hal ini akan di ikuti oleh DPR (maksudnya mungkin DPRD Sumedang) atau tidak? Bupati belum memberikan jawaban. “Apakah hal ini juga berlaku untuk anggota DPR juga pak?? Kata seorang netizen bernama Bonie Debonez.

Beda dengan Bonie, Irwan Setiawan memberikan apresiasi yang sangat baik. “Alhamdulillah Yaa Rabb, Kereen Pabup (baca: Pak Bupati – disingkat). Bravo bravo,” kata Irwan Setiawan.

Lalu apakah rencana Bupati juga akan diikuti oleh SKPD? Misalnya Dinas Pendidikan melarang siswa di Sumedang berwisata ke Luar Kota, karena banyak orangtua siswa keberatan dengan study tour, sedangkan pihak sekolah tidak memperhatikannya. Seolah menjadi bancakan, yang akhirnya berimplikasi kepada kepada kemarahan orangtua yang muncul di media sosial. Mereka tidak berani komplain ke Dinas maupun Sekolah, takut anaknya bermasalah.

Salah satu yang sering memberikan kritik kepada pihak Sekolah, Ripai Ependi Bin Amin, langsung menimpali pernyataan Bupati dengan perkataan bernada masih marah. “Manawi dudut oge pihak sakola nu sok bisnis study banding,” jelas Ripai.

Pernyataan Bupati juga mendapat apresiasi dari Pengamat kebijakan publik Toni S. Liman. Kepada Redaksi TiNewss.com, Toni menyampaikan bahwa Sumedang adalah destinasi wisata yang tidak kalah dibandingkan daerah lain. Bahkan, Sumedang ini boleh dibilang paket lengkap yang menarik di mata turis dalam negeri maupun luar negeri, tinggal bagaimana mengemasnya, memperkuat kampanye wisatanya bahwa Sumedang ini sangat layak sebagai tujuan (destinasi wisata)

“Spot -spot di Sumedang tak kalah menarik dan harus menjadi ikonic.
Semangat dan statment Bupati yang mengatakan bahwa seluruh SKPD yang ada di Pemda Sumedang adalah menjadi ‘dinas pariwisata’ harus mampu diterjemahkan lalu diimplementasikan secara masif. Menurut pandangan saya, Bupati mengeluarkan saja Perbup jika benar hal itu menjadi keseriusan program untuk menjadikan Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata,” jelas Toni.

Hal serupa juga mendapatkan pujian dari pelaku Industri Pariwisata. “Kalau program Pak Bupati ini, kemudian dilaksanakan secara baik, akan ada banyak Rupiah yang bisa dipergunakan untuk kegiatan pembangunan lainnya, pun yang pasti uang yang dipergunakan untuk kegiatan ini jika dilakukan di Sumedang, selain memberikan pemasukan kepada masyarakat wisata, juga akan ada pemasukan pendapatan buat Pemkab melalui Pajak. Uang dari Kita, untuk Kita dan kembali kepada Kita” terangnya tanpa mau namanya dipublikasikan. (Rauf Nuryama)***

%d blogger menyukai ini: