Simpatik, Bupati Sumedang Sampaikan Belasungkawa dan Langsung Rapat Terbatas Untuk Tindak Lanjut Longsor Cilipung

Sumedang, TiNewss.com – Langkah cepat dan taktis dilakukan Bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir. Bupati langsung menyampaikan turut berbelasungkawa kepada keluarga korban longsor di Cilipung, Sumedang Selatan, malam ini sekitar pukul 20:00 WIB. Kunjungan ke rumah Korban yang meninggal dunia di Keluarahan Pasanggrahan Baru, dilanjutkan dengan menegok Korban yang di rawat di RSUD, ditutup dengan Rapat Terbatas di Ruang Direktur RSUD yang dihadiri oleh segenap Instansi terkait, guna mendapatkan solusi dan tindakan paska bencana serta antisipasi jika terjadi bencana susulan, (26/1/2020)

Di Cilipung, Bupati mendatangi Rumah Duka, yakni Rumah Almarhum Bapak Elan alias Kumis (65) dan Rumah Duka Almarhumah Ibu Apong (45). Kepada Bupati, Keluarga korban menceritakan kronologis kejadian di lokasi bencana. Menurut Keluarga, Pak Elan yang sedang “ngangon meri” sebanyak 90 ekor, berpindah petakan dari atas ke bawah. Sedangkan Ibu Apong, sedang panen di lokasi yang sama.

Sementara itu, Bapak Uum dan Bapak Dani, sedang membetukan air bersih untuk dialirkan ke Masjid/Mushola. Dan, secara tiba-tiba kemudian terjadi longsor, yang membuat mereka tertimbun lumpur, serta terbawa arus bersama lumpur. Naas, menimpa Pak Elan dan Bu Apong, dan berhasil diselamatkan Pak Uum dan Pak Dani, di bawa ke RSUD Sumedang.

Sedangkan di Rumah Sakit, Bupati menemui korban yang selamat dan sudah beristirahat di Ruang Perawatan. Kepada Korban selamat, Bupati juga menyampaikan turut perihatin serta memberikan motivasi untuk tetap bersyukur dan selalu waspada. Bupati juga menjamin semua pengobatan mereka berdua di tanggung oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Jamkesda. “Untuk biaya pengobatan mereka berdua di tanggung oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Jamkesda,” terang Bupati Dony.

Paska melakukan kunjungan ke Pasien, Bupati langsung mengumpulkan beberapa petugas dari lintas sektoral, dengan meminjam Ruangan Direktur Rumah  Sakit untuk melakukan Rapat Terbatas. Tampak hadir diantaranya adalah Wakapolres Sumedang Kompol Erwin Syah, yang mewakilil Dandim, BPBD, Kadinkes, Direktur RSUD, Pol PP, Camat Sumedang Selatan dan Lurah Pasanggrahan Baru. Rapat ini, secara khusus membahas dan melakukan evaluasi terhadap kejadian Longsor Cilipung.

Beberapa poin penting yang disampaikan Bupati kepada Media, Pertama, dilakukan lokalisasi area bencana, dan jangan sampai terjadi lagi bencana di lokasi tersebut. Petugas dari berbagai instansi diharapkan besok (27/1/2020) agar terjun ke lokasi untuk melakukan upaya penanggulanngan, sekaligus melakukan rehabilitasi paska bencana.

Press Conference Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, di RSUD Sumedang Paska Rapat Terbatas Lintas Sektoral untuk evaluasi kegiatan dan memutuskan langkah kebijakan berikutnya (26/01/2020)

Kedua, mencari solusi atas kebutuhan air bersih yang dibutuhkan warga sekitar baik untuk kepentingan ibadah maupun MCK.

Ketiga, memastikan semua sistem yang sudah dibuat dapat berjalan sempurna. Seperti Alarm pendeteksi dini bencana, nomor-nomor kontak harus aktif ketika terjadi bencana, semua perlengkapan harus siap sedia, sehingga percepatan penanganan dapat meminimalisir resiko jatuhnya korban lebih buruk. Camat, Lurah dan Kades harus terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat ahat tidak mendekati tempat rawan bencana, termasuk rawan longsor. Dan jika terjadi bencana, segera menyampaikan laporan ke Call Center BPD Sumedang 08112065733, 0811200133 SSQR, atau PSC 119.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan respon cepatnya para petugas, baik dari BPBD, Polri, TNI maupun warga yang berhasil melakukan evakuasi terhadap korban.  

“Tidak lupa, Saya juga mengajak masyarakat Sumedang untuk menundukan kepala dan berdoa untuk korban meninggal dunia. Semoga amal ibadah, iman Islamnya diterima Alloh SWT dan husnul khotimah. Keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan. Korban selamat segera disehatkan kembali. Aamiin,” harapnya. (Rauf Nuryama)***

%d blogger menyukai ini: