Sumedang Umumkan Program 1 Juta Masker, Bupati Bagikan Anggaran Stimulus ke Setiap Kecamatan

Ilsutrasi Pembuatan Masker. (Sumber foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/hp.)

Sumedang, TiNewss.com– Kabupaten Sumedang melakukan berbagai upaya dalam melakukan pencegahan dan pemutusan penyebaran virus corona. Hari ini, di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, dilakukan launching gerakan 1 juta masker di Sumedang. Ke depan masyarakat Sumedang menggunakan Makser.

Demikian disampaikan Bupati Sumedang, Dr. H. Dony Ahmad Munir pada saat memberikan sambutan dalam launching 1 Juta Masker di Sumedang, Sabtu (11/4/2020).

“Dalam rangka memaksimalkan ikhtiar, untuk memutus pergerakan covid-19, hari ini ada 46 ribu masker yang siap dibagikan, 20 ribu diantaranya dibagikan langsung melalui komunitas yang ada di sini, dan sisanya 26 ribu sudah Kami siapkan juga untuk dibagikan,” terang Bupati dalam siaran online yang di selenggarakan oleh Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang melalui media sosial Instagram.

Hadir perwakilan dari berbagai komunitas yang menerima masker secara simbolis, adalah Komunitas Ojeg Online, Ojeg Panggkalan, Mamang Becak, Petugas Parkir, Petugas Kebersihan, dan komunitas lainnya termasuk perwakilan dari PKL.

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah turut serta peduli dengan kesehatan masyarat Sumedang, dengan melawan Corona ini. “Terima Kasih, kepada Forkopimda, para ASN, Para relawan, dan masyarakat semuanya yang telah peduli bahu membahu melakukan pencegahan penyebaran covid-19 ini,” katanya.

Selain itu, Bupati Dony juga mengajak masyarakat, termasuk ASN dan para pengusaha untuk menyisihkan rezekinya, sehingga masalah ini bisa segera selesai dengan bantuan semua pihak.

“Saya yakin, Bapak dan ibu yang sedekah dan menyisihkan rezekinya akan diganti oleh Allah dengan rezeki yangb berlipatganda,” kata Bupati.

Bupati juga melaporkan per hari ini (11/4/2020) Pemerintah Kabupaten Sumedang telah menerima dana sebesar Rp 322 Juta, dari sumbangan para ASN di Kabupaten Sumedang.

“Uang sejumlah itu, sudah kami serahkan ke Baznas. untuk di distribusikan sesuai dengan peruntukannya, dalam rangka memaksimalkan pencegahan penyebaran virus corona,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, hadir Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, Sekda Sumedang Herman Suryatman, Kapolres Sumedang, Dandim 0610, Ketua Kajari, dan perwakilan dari Forkopimda lainnya.

Selanjutnya Bupati juga menyampaikan bahwa Dirinya memberikan anggaran Rp 5 Juta kepada setiap kecamatan sebagai dana stimulus untuk menggerakan ekonomi di wilayahnya. Dana ini, digunakan untuk menggerakan pelaku UKM yang bisa menjahit. Agar mereka menjahit Masker, dan dibeli oleh Pihak Kecamatan.

“Namun ini sebagai dana stimulus (rangsangan) saja,” kata Bupati. Selanjutnya pihak kecamatan, desa dan masyarakat di masing-masing kecamatan bisa melakukan penggalangan dana baik dari ASN di Kecamatan, Desa maupun dari para pengusaha lokal.

‘Dengan dana ini, konveksi di masing-masing kecamatan mendapatkan order, dan ekonomi bergerak. Jangan orang Situraja beli masker di Sumedang apalagi ke Bandung. Bikin di Situraja,” jelas Bupati. (Rauf Nuryama)***

Hits: 12