Trending Topik #BubarkanBPIP, Akibat Pernyataan Yudian : Agama Musuh Terbesar Pancasila

Sumedang, TiNewss.com – Pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang menyebut agama menjadi musuh terbesar Pancasila menuai komentar banyak pihak.

Di Jagat Twitter, hingga malam ini (12/2/2020) lebih dari 25 ribu Tweet dengan tagar #BubarkanBPIP. Hingga menjadi trending topik di Twitter Nasional.

Kecaman muncul baik dari perorangan maupun dari ormas-ormas Islam. Secara terang-terangan banyak ormas yang meminta Presiden Jokowi Pecat Ketua BPIP, bahkan tidak sedikit yang sekaligus minta Bubarkan BPIP.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengkritik Kepala BPIP, yang mengatakan musuh terbesar Pancasila adalah agama. Abbas pun mendesak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mencopot Yudian yang baru dilantik pekan lalu itu.

genieesspv.jp, 34755, RESELLER

“Kalau benar beliau punya pandangan seperti itu maka tindakan presiden yang paling tepat untuk beliau adalah yang bersangkutan dipecat tidak dengan hormat,” kata Abbas dalam keterangan tertulis, Rabu (12/2).

Senada dengan MUI, Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini menilai pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi ngawur ketika menyebut musuh terbesar Pancasila adalah agama.

Dikutip dari CNNIndonesia (12/2/2020), Helmy mengatakan berani berdebat tentang keselarasan Pancasila dengan nilai-nilai agama Islam. Menurutnya, kelima sila dalam Pancasila itu juga sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran.

“Tunjukan kepada saya di mana letak agama itu adalah musuh Pancasila, sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, jelas sekali dalam Alquran disebutkan surat Al Ikhlas,” ujarnya.

Menyikapi maraknya permintaan pembubaran BPIP, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi mengklarifikasi pernyataannya kepada masyarakat.

“Saya berharap beliau mengklarifikasi ucapannya itu,” ujar Ma’ruf kepada wartawan di Kantor BKKBN, Halim, Jakarta Timur, Rabu (12/1). (Rauf Nuryama)***

Hits: 12