#UnpadKokGitu, Menjadi Trending Topik, ada apa ya?

TiNewss.com – Tagar (#UnpadKokGitu) menjadi trending di twitter pada pagi hari ini, (26/6/2020). Hal ini terkait dengan Keputusan Rektor Unpad tanggal 22 Juni 2020, tentang Penyesuaian UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Tidak tanggung-tanggung, trending di Nomor urut 1. Bersamaan dengfan tagar tersebut, ada tagar lainnya yang turut serta yakni #KemaUnpadMenggugat, #UKTWajibBerkeadilan, serta #UnpadKokGitu.

Beberapa Meme yang bermunculan, diantaranya bertuliskan β€œSyarat Potong UKT kok kayak mau Kredit Rumah?” katanya.

Sebuah akun @baru_liat, menulis demikian: selama pandemi ini aku tidak merasa ngotorin lantai gedung di unpad, pake listrik di unpad, ngabisin bensin odong unpad, pak wifi unpad atau diganti jadi kuota dari unpad, ngabisin handscoon atau alat lab lainnya dari unpad, terus UKT aku kemana sih larinya? πŸ™ #UnpadKokGitu.

Akun lainnya menulis @nidaadlh : surat tsb secara tersirat menyebutkan bahwa mahasiswa yg orangtuanya ga terdampak covid-19 ini ga berhak buat dapet penurutan UKT. mau minta penurunan UKT tapi syaratnya kayak gini mah, ga harus ada corona juga bisa kali buk~ #KemaUnpadMenggugat, #UKTWajibBerkeadilan, #UnpadKokGitu.

Bahkan ada Meme seperti kampanye dengan tulisan β€œ Piye Kabare? Enak Jamanku Toh?” di posting @aldstmo, sambil menyertkan tulisan: Kabare buruk pak Tri. Postingan ini mendapat 21 retwit dan 59 suka hingga berita ini diturunkan.

Tri adalah panggilan untuk Rektor Unpad periode 2015-2019 bernama lengkap Prof Tri Hanggoro, yang kemudian digantikan dengan Rektor Unpad saat ini, Prof Dr Rina Indiastuti.

Pemicu trendingnya #UnpadKokGitu, bermula dari kebijakan Rektor dalam Keputusannya No 560/UN6.RKT/Kep/HK/2020 tanggal 22 Juni 2020, tentang penyesuaian UKT.

Dalam lampiran surat keputusan tersebut, tertulis bahwa syarat untuk mendapatkan penyesuaian dan wajib diunggah adalah sebagai berikut:

  1. Surat pengajuan penyesuaian UKT dan pernyataan di atas meterai (template surat diunduh dari system),
  2. File Scan Kartu Keluarga (Asli)
  3. File Scan Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Kedua Orangtua/Walil,
  4. File Scan Rekening Listrik terbaru/atau bukti pembelian token listrik PLN,
  5. Foto tempat tinggal tampak depan rumah dan dalam rumah,
  6. File Scan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),
  7. File Scan Laporan Pajak Tahunan (SPT) orang pribadi,
  8. Foto kendaraan yang dimiliki,
  9. File Scan Surat Pemutusan Hubungan Kerja (jika ada),
  10. File scan dokumen yang mendukung (jika ada).

Namun demikian tidak semua Twit menolak kebijakan tersebut. ada juga yang kemudian memberikan tanggapan berbeda. Misalnya akun @vikrirrd yang menyatakan, “Disclaimer : Gue bukan menolak pengurangan UKT untuk temen2 yg terdampak keadaan saat ini. Yg gue sayangkan adalah cara dan sikap BEM Unpad dalam menolak kebijakkan2 yang terkesan tergesa2 dan tanpa kalkulasi yang matang.” (Dodi Budiana)***

Hits: 52

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *