Untuk Meningkatkan Layanan Publik, MPP Sumedang Tahap 2 akan segera di Bangun

“Insyaa Allah ke depan Kami akan lebih ramah kepada kaum diabilitas, Ada fasilitas lift yang menghubungkan lantai 1, 2, dan 3 gedung baru yang juga terkoneksi dengan gedung yang ada saat ini. Bagi Kami, kepuasan dan kenyamanan untuk semua menjadi perhatian dalam pengembangan MPP kedepan,” tutur Enang

Sumedang, TiNewss.com – Fokus untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat, Mal Pelayanan Publik (MPP) Sumedang terus bebenah. salah satunya adalah pembangunan fisik tahap ke-2. Selain bangunan Fisik, MPP Sumedang juga akan melakukan penguatan Softskill dan pengembangan software serta lebih peduli kepada kaum disabilitas. Demikian disampaikan oleh Enang Lukmanul Hakim, Manager Umum dan Humas MPP Kabupaten Sumedang kepada Tinewss.com (28/12/2019)

Gedung Baru, direncanakan akan membutuhkan anggaran sebesar Rp 7,6 Milyar, akan di bangun dalam dua tahap. Anggaran tahun 2020 sebesar Rp 4,9 Milyar dan sisanya pada penganggaran berikutnya, baik APBD Perubahan tahun 2020 maupun Tahun Anggaran 2021.

Menurut Enang, untuk Pembangunan MPP Sumedang Tahap 2 Lantai 2 adalah khusus untuk Ruang Pelayanan. Prioritas utama yg akan dialihkan adalah untuk pelayanan administrasi kependudukan. Tempat pelayanan kependudukan di gedung yang sekarang dinilai kurang representatif dibandingkan dengan jumlah pemohon yang masuk setiap harinya. Tentunya ini berpengaruh pada kenyamanan masyarakat pengunjung.

Selain layanan Kependudukan, direncanakan akan ada tambahan layanan baru untuk Komisi Perlindungan Ibu dan Anak (KPIA), BPOM (Badan Pengawas Obat & Makanan) serta Salah satu BUMN yang di tahap 1 tertunda. Lantai 3 gedung baru, untuk Kantor Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang. “Jadi kedepan seluruh ASN Dinas Kependudukan dan Catatatan Sipil pindah ke MPP,” kata Enang yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal pada Bidang Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal, Dinas PMPTSP Kabupaten Sumedang.

Lebih lanjut, Enang menjelaskan bahwa untuk kenyamanan pengunjung dalam memarkir kendaraannya, disediakan lahan parkir di lantai 1 gedung baru, dipakai tempat parkir khusus roda 4 seperti sekarang. “Seperti desain gambar, sementara untuk penataan parkir roda 2 Insyaallah akan ditata di 2020 di belakang Kantor Dinas PMPTSP yang ditempati saat ini,” terang Enang memberikan gambaran rencana penataan ke depan.

Ketika tim Tinewss.com bertanya tentang layanan untuk ramah terhadap kaum disabilitas . Enang menjawab bahwa sebagai bentuk kepedulian dalam memberikan layanan terbaik, MPP juga pedulil terhadap kaum disabilitas. “Insyaa Allah ke depan Kami akan lebih ramah kepada kaum diabilitas, Ada fasilitas lift yang menghubungkan lantai 1, 2, dan 3 gedung baru yang juga terkoneksi dengan gedung yang ada saat ini. Bagi Kami, kepuasan dan kenyamanan untuk semua menjadi perhatian dalam pengembangan MPP kedepan,” tutur Enang.

MPP Sumedang juga akan melakukan penyempurnaan sistem, baik sistem antrian maupun sistem pelayanan perizinan menjadi prioritas juga di tahun 2020. “Kita menginginkan lebih banyak informasi yang bisa diakses masyarakat terkait MPP. Di aplikasi antrian online kita saat ini, seperti persyaratan layanan, lama waktu layanan, perkiraan jam berapa dilayani, dan lain-lain. Semua akan dilakukan bertahap,” harapnya.

Terkait dengan beberapa komplain masyarakat terkait lamanya perizinan, dan komplain masyarakat tentang lamanya pembuatan KTPel, secara diplomatis Enang menjawab, “semua memang belum sempurna, dan kami tidak alergi dengan kritik. Masyarakat bisa bebas nenyampaikan kritik, aspirasi, masukan untuk bahan kami terus menerus melakukan perbaikan, ” jelasnya. (Rauf Nuryama) ***

%d blogger menyukai ini: