Update Corona Sumedang 6 April 2020, Darmaraja Catat Kenaikan ODR Tertinggi

Sumedang,TiNewss.com – Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang tercatat sebagai Kecamatan dengan kenaikan jumlah Orang Dalam Resiko (ODR) tertinggi di Kabupaten Sumedang dalam 24 jam terakhir. Ada kenaikan sejumlah 596 orang.

Demikian disampaikan Dr. Iwa Kuswaeri, Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Sumedang, dalam jumpa pers yang dilakukan belakang Gedung Negara, Senin (6/4/2020)

“Adapun jumlah kenaikan ODR yang sangat tinggi, ada di Kecamatan Darmaraja dengan jumlah peningkatan sebanyak 596 orang, Kecamatan Cibugel 112 orang, Kecamatan Pamulihan 106 orang dan Kecamatan Cisitu 63 orang,” kata Iwa.

Sementara jumlah penurunan ODR yang sangat tinggi berada di Kecamatan Cimanggung yang menurun hingga 230 orang, Kecamatan Situraja 196 orang, Kecamatan Cisarua 149 orang, Kecamatan Paseh 146 orang dan Kecamatan Cimalaka 102 orang.

Pemerintah Kabupaten Sumedang, juga  mengumumkan bahwa Jumlah penderita Covid-19, positif SWAB masih tetap 1 orang, Positif Rapid Test 14 orang, dan Negatif Rapid Test 4 orang.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 19 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 375 orang, Orang Dalam Risiko (ODR) 16.857 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) 72 orang.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten Sumedang memberikan penjelasan tentang beberapa singkatan tersebut.

PDP yaitu orang yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19 dan memiliki gejala demam, ISPA serta pneumonia.

ODP yaitu orang yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19 dan memiliki gejala demam atau ISPA tanpa pneumonia.

ODR yaitu orang yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19, tetapi tidak memiliki gejala apapun.

OTG yaitu orang yang tidak memiliki gejala, tetapi pernah kontak erat dengan orang yang positif Covid-19.

ODR yang sebelumnya beristilah ODP Berisiko atas konsolidasi data para pemudik yang dikoordinasikan oleh aparatur wilayah (Camat dan Kepala Desa/Lurah).

Dari hasil kemarin kembali mengalami penurunan jumlah.Berdasarkan data hingga Pukul 15.00 WIB, ODR kembali turun sejumlah 139 orang yang telah selesai menjalani masa karantina selama atau sudah lebih dari 14 hari. (Rauf Nuryama)***