Xanana Gusmao, Minta RI Karantina Warganya Yang Kena CoronaVirus, Apa Kata Netizen?

Menteri Perencanaan dan Investasi Timor Leste, Xanana Gusmao, pasca Pertemuan dengan Mahpud MD, Menko Polhukam RI. (Sumber: suara.com)

Jakarta, TiNewss.com – Mantan Presiden Timor Leste, yang kini menjadi Menteri Perencanaan dan Investasi Timor Leste, meminta Pemerintah Indonesia untuk membantunya dalam penanganan Warga Timor Leste yang berda di Wuhan, terkait kasus virus korona. Hal ini disampaikan Xanana pasca pertemuannya dengan Menko Polhukam, Mahpud MD, di Jakarta (4/2/2020)

“Ya, karena harus mengerti bahwa kami tidak punya fasilitas, tidak punya apa-apa. Oleh karena itu kami minta kalau bisa, seperti negara-negara lain,” kata Xanana.

Sebagaimana dipublikasi di suara.com, Xanana mengakui, negaranya belum memunyai fasilitas yang memadai untuk melakukan proses karantina. Untuk itu, dia meminta agar Indonesia memberi bantuan.

Xanana menyebut, Indonesia memunyai kemampuan lebih besar dalam upaya penanggulangan epidemi virus corona. Bahkan, dia yakin kalau Indonesia sudah berpengalaman menghadapi urusan karantina warga negara.

“Saya percaya bahwa karena Indonesia punya kemampuan yang lebih besar daripada kami, akan membantu kami untuk mengatasi situasi ini,” sambungnya.

Lantas bagaimana pendapat netizen, Andy Nong, “Minta bantuan ke Portugal, Australia dan Amerika saja mau merdeka sendiri ya tanggung resiko kalian kan yg sanjung2 mereka ya minta bantuan mereka”.

Senada dengan Andy, netizen lainnya juga mengungkapkan hal yang sama. Sebut saja namanya Alzahra, dia menyarankan Xanana minta bantuan ke Australia saja. “Kenapa ga mints bantuin ke Australia aja negaranya udah maju” katanya. Bagaimana dengan Anda? (Rauf Nuryama)***

Hits: 15